Kamis, 21 Maret 2019

#11 Kehidupan SMA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

     Awal kalian memasuki kehidupan SMA, tentunya kalian pernah berfikir bahwa kehidupan SMA itu menyenangkan, karena dapat bertemu banyak teman baru, apalagi yang nemuin cinta pertamanya di SMA, itu akan menjadi masa-masa yang menyenangkan. Tapi, bagi kalian yang baru memasuki kehidupan SMA tentunya belum mengetahui ataupun mengalami sisi lain dari kehidupan SMA. Kalian yang awalnya berpikir SMA itu menyenangkan, pasti nantinya akan berfikir bahwa kehidupan SMA itu menyeramkan, karena terus diteror oleh tugas-tugas yang tiada henti-hentinya. Disaat-saat itulah kalian akan berpikir bahwa kehidupan SMA itu sangat membosankan. Bagi kalian yang berpikir SMA itu menyenangkan, aku ingin lihat seberapa lama mereka masih bisa mempertahankan pikiran yang seperti itu. Sebab kehidupan SMA itu tidak selalu menyenangkan dan indah seperti yang dibayangkan. Tapi disamping itu semua, ada sebagian siswa yang menganggap bahwa kehidupan SMA itu menyenangkan, dan mereka banyak mengukir kenangan-kenangan indah di masa-masa SMA.

     Kehidupan SMA ialah masa-masa dimana kalian dapat menemukan bahkan mengembangkan bakat-bakat yang kalian miliki, bahkan kalian juga dapat menemukan cinta pertama kalian di SMA, serta dapat menambah persentase kesuksesan seseorang kelak. Kehidupan SMA seperti "Pensil yang lama lama akan habis, tetapi akan meninggalkan tulisan yang indah dalam kehidupan". Itulah yang disebut dengan kenangan. Bagi mereka yang berpikiran seperti itu pastilah orang yang memiliki banyak teman dan pintar berbaur dengan teman-teman. Dulu, sebelum memasuki SMA, aku pernah berpikir akan seperti apa kehidupan SMA ku, dan sekarang aku tau seperti apa itu, yaitu dikellilingi oleh teman-teman yang aneh dan konyol seperti mereka. Ada yang tampang polos, padahal dia yang punya pikiran paling nakal. Entah mereka akan seperti apa, tapi merekalah yang telah bersamaku selama 1 tahun ini. Mereka benar-benar lucu, dan aku senang bisa berada di sini, yaahhh walaupun kadang-kadang kesal sih karena  candaannya keterlaluan.

     Oke, sekarang kita akan membahas sisi lain dari kehidupan SMA. Banyak dari mereka yang berpikir bahwa kehidupan SMA itu yang penting masuk kelas, main sama-sama teman, kerjain tugas, itu doang...? Kebayang nggak sih gimana kehidupan kalian setelah SMA...? Pernahkah kalian berfikir akan menjadi apa kalian nantinya...? "Eh gampang lah, orang tuaku punya usaha yang bagus, aku bisa lanjutin usaha itu". Okelah, tapi nggak semua dari kalian yang orang tuanya punya usaha. Pernah nggak kalian berpikir, bahwa orang tua menyekolahkan kalian supaya bisa melebihi mereka...? Terus kalian seenaknya tinggal bilang yang penting masuk sekolah, yang penting naik kelas, yang penting lulus. Masih mending pas lulus langsung dapat kerja atau nilainya bagus langsung dapat beasiswa, gimana jika kalian lulus, eh malah masih nyusahin orang tua. Kehidupan SMA bukanlah hanya sekedar mencari teman dan membuat kenangan bersama, tapi kalian juga harus bisa mengembangkan bakat yang kalian miliki, sebagai bekal untuk kalian memilih mau lanjut kemana, agar kalian tau tujuan atau langkah kalian setelah lulus. Dan kalian juga harus bisa menentukan dari sekarang mau lanjut kemana, dan harus melakukan apa kedepannya agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Ada juga yang berpikir bahwa mereka tau mau menjadi apa dan harus bagaimana, tapi mereka masih belum melakukan langkah yang tepat dalam mewujudkan itu. Masa-masa SMA adalah kesempatan terakhir kalian untuk mengasah bakat itu, kalian harus bisa memanfaatkan masa SMA yang 3 tahun ini agar tidak menyesal dikemudian hari. Bahkan aku yang menulis ini masih belum bisa yakin apakah aku bisa sukses atau tidaknya kedepannya nanti, tapi setidaknya aku kan bersungguh-sungguh dalam menggapai cita-citaku. Tidakkah kalian memiliki rasa bersalah kepada orang tua kalian, bahwa kalian di sekolahlan 12 tahun, di beri pakaian dan barang-barang yang bagus, di didik dan disayangi, apakah kalian tidak ingin membalas budinya...? Setidaknya apakah kalian tidak ingin membahagiakannya dengan prestasi yang kalian dapat...? Akan ku tegaskan sekali lagi bahwa "Sekolah bukanlah tempat untuk bermain, tapi untuk mencari bakat kalian dan mengembangkannya".

Kita kembali lagi pada pembahasan...
     Pada saat menjelang kelulusan, kalian pastinya akan bingung dan tak tau harus apa. Tapi bagi orang yang memanfaatkan waktunya selama 3 tahun untuk mengasah bakatnya, pastinya akan tau harus melakukan apa selanjutnya. Namun, pada saat menjelang kelulusan,  tentunya kalian akan mengingat kembali kenangan-kenangan yang telah kalian alami selama 3 tahun sekolah. Mulai dari kenangan kalian main bareng, nyontek bareng, nyolong pulpen teman, kerjain teman sampai nangis, itu adalah kenangan-kenangan indah yang tak akan terulang lagi.

     Dari pengalaman pribadi saya, ada 2 tipe siswa di sekolah; yang pertama, yaitu siswa yang sadar bahwa ia merupakan seorang pelajar dan menikmati kehidupan sekolahnya. Siswa yang seperti ini adalah siswa yang memanfaatkan waktunya selama 3 tahun untuk mengasah bakatnya. Yang kedua, yaitu siswa yang tidak sadar bahwa ia merupakan seorang pelajar dan menikmati dalam ketidaksadarannya itu. Siswa yang seperti ini adalah siswa yang malas untuk belajar dan datang ke sekolah, biasanya ia menunjukkannya dengan sering bolos dan berkata kasar ataupun tidak sopan kepada guru. 

Demikian yang dapat ku tulis, kurang lebihnya aku mohon maaf, semoga apa yang ku tulis dapat bermanfaat kepada teman-teman semua. 
Ini kutulis berdasarkan apa yang aku alami. Terimakasih...
See you again in My Diary #12.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

PS : Jika ada kenangan-kenangan indah kalian di SMA yang balum aku tulis karena nggak kepikiran, tolong tulis dikolom komentar yaa...

2 komentar:

  1. Jika ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan, bisa melalui via ig : fear.fathan
    Thanks...😉

    BalasHapus
  2. Baru aku nyadar kepanjang jadinya...😅

    BalasHapus